Bagi Pria, Ini Usia Yang Tepat Untuk Memiliki Anak

Ini usia yang tepat bagi pria untuk memiliki anak- Studi terbaru menunjukkan bahwa menjadi ayah sebelum usia 25 tahun dapat meningkatkan risiko kematian di usia 50-an. Pria yang menjadi ayah di usia muda di bawah 25 tahun  memiliki kesehatan yang lebih buruk dan risiko kematian dini lebih besar dibanding mereka yang menikah mulai usia 25 atau lebih tua.

Peneliti mencatat bahwa lingkungan keluarga, keadaan sosial ekonomi, dan gen memiliki pengaruh besar terhadap temuan tersebut. Penelitian ini telah diterbitkan secara online dalam Journal of Epidemiology & Community Health. Dalam studi ini, para peneliti melibatkan lebih dari 30.500 pria yang lahir antara tahun 1940 sampai 1950, yang menjadi ayah pada usia 45. Rata-rata usia di mana seorang pria menjadi ayah adalah 25-26 tahun, usia ini digunakan sebagai referensi.

Para peneliti juga mengamati faktor-faktor seperti tingkat pendidikan dan wilayah tempat tinggal, status perkawinan dan jumlah anak. Hasilnya menunjukkan pria yang menjadi ayah pada usia 22, memiliki risiko kematian dini di usia 50-an 26 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang menjadi ayah di usia 25 atau 26.

Sementara itu, pria menjadi ayah di antara usia 22 sampai 24 memiliki risiko kematian dini di usia 50-an 14 persen lebih tinggi. Dan pria yang baru menjadi ayah antara usia 30 sampai 44 tahun memiliki risiko kematian dini di usia 50-an 25 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang menjadi ayah antara usia 25 atau 26.