Mendengarkan Musik Membuat Pasien Operasi Sembuh Lebih Cepat

Mendengarkan Musik Membuat Pasien Operasi Sembuh Lebih Cepat - Mozart, Madonna atau Eminem? Apa pun selera Anda, musik dapat membantu Anda pulih lebih cepat setelah operasi. Dalam penelitian ilmiah yang dilakukan oleh tim yang dipimpin Dr. Catherine Meads dari Brunel University mengkaji data dari 72 studi yang melibatkan hampir 7.000 pasien.

Para peneliti menemukan bahwa musik secara signifikan bisa menurunkan rasa kecemasan dan juga nyeri yang dialami oleh pasien yang baru saja menjalani operasi. Mendengarkan musik setiap saat bisa memberi efek yang baik bagi tubuh. Tetapi, pasien yang melakukannya sebelum operasi cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mereka yang melakukannya selama atau setelah operasi. 

Peneliti utama, Dr Catherine Meads, mengatakan album ke 8 band Rock asal Inggris, Pink Floyd yakni "Dark Side of the Moon" membantu mengurangi rasa sakit setelah menjalani tiga jam operasi pinggul. 
"Pasien yang mendengarkan musik sebelum operasi, cenderung mendapatkan hasil yang lebih baik daripada mereka yang melakukannya selama atau setelah operasi," kata Dr. Catherine Meads,
Para peneliti juga mengatakan bahwa pasien yang memilih musik mereka sendiri mengaku tidak terlalu kesakitan dan juga mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit. 
"Musik merupakan hal yang harus ada bagi semua orang yang menjalani operasi. Pasien harus diizinkan untuk memilih jenis musik yang mereka ingin dengar agar mereka cepat pulih," tambah Meads.
Juru bicara Kementerian Kesehatan Inggris mengatakan, 
"Ini penelitian yang sangat menarik, kami harap dokter mempertimbangkan temuan ini secara seksama, karena kami ingin pasien mendapatkan pengalaman dan pemulihan terbaik saat menjalani operasi."
Hazim Sadideen, ahli bedah plastik dari University Hospitals Birmingham yang juga meneliti efek musik, mengatakan bahwa penelitian tersebut cukup lengkap. Ia menambahkan, 
"Menjalani operasi kecil maupun besar sama-sama bisa membuat stress. "Musik bisa menjadi modalitas tambahan untuk meningkatkan pengalaman pasien, tentu saja penting untuk memastikan bahwa pasien dan tim medis di ruang operasi menginginkan diputarnya musik."
Penelitian yang menghubungkan efek mendengarkan musik dengan luka operasi juga pernah dilakukan dengan lagu Taylor Swift

Curtis Reisinger, seorang psikolog di Rumah Sakit Zucker Hillside di Glen Oaks, New York, setuju bahwa musik bisa memiliki dampak yang positif bagi orang sakit. Namun menurut Curtis, para ahli medis tidak boleh menganggap bahwa semua pasien butuh mendengarkan musik. 
"Karena beberapa pasien mungkin ingin ketenangan," katanya.
Jika Anda memang harus menjalani operasi maka ada dua hal yang perlu diingat saat akan menjalani terapi ini. Anda harus bisa memilih musik yang bisa dinikmati oleh pasien dan kedua musiknya tidak mengganggu kemampuan tim medis untuk menjalankan operasi atau perawatan pada pasien.

  1. Sumber 1
  2. Sumber 2
  3. Sumber 3