6 Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Antioksidan Untuk Melawan Radikal Bebas

6 Makanan kaya antioksidan yang bisa melawan radikal bebas - Kandungan antioksidan pada makanan bisa memberi efek positif untuk kesehatan tubuh. Antioksidan bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kanker. Bukan cuma itu, antioksidan juga baik untuk kesehatan jantung, serta dapat meningkatkan fungsi otak. Berikut adalah enam makanan yang mengandung banyak antioksidan.

1. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan itu sehat, tetapi yang jenis kacang-kacangan yang memiliki warna terang mempunyai manfaat lebih besar. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan pada kacang-kacangan dapat melindungi kita dari penyakit jantung dan kanker.

2. Anggur

Anggur, terutama yang berwarna gelap, sarat dengan phytochemical, antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker dan penyakit jantung. Anggur juga mengandung banyak vitamin C dan selenium yang baik untuk kesehatan tubuh.

3. Sayuran berwarna hijau

Sayuran berwarna hijau kaya nutrisi yang dapat membantu melawan penyakit, termasuk vitamin C, E, dan A, dan kalsium. Mereka juga sarat dengan magnesium dan kalium. Sayuran ini juga kaya akan antioksidan phytochemical seperti kaempferol, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan memiliki sifat antikanker.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya nutrisi penting seperti vitamin C dan B6, kalium, dan serat. Mereka juga mengandung banyak kalsium dan vitamin A.

5. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, khususnya yang berasal dari ikan, dapat membantu mencegah penyakit inflamasi, seperti penyakit jantung koroner. Meskipun semua ikan memiliki asam lemak omega-3, nutrisi itu lebih banyak dijumpai di beberapa jenis ikan termasuk sarden, salmon, mackerel, tuna, dan ikan haring.

6. Biji-bijian

Beralih ke biji-bijian bisa membantu melawan efek negatif dari radikal bebas. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi gandum utuh sehari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke. Biji-bijian menyediakan seng dan selenium, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Inilah enam makanan yang mengandung banyak antioksidan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!